Terungkap, Kenapa Otak Einstein Super Jenius

Kenapa Albert Einstein jenius luar biasa? Sebuah studi baru menyebutkan hal itu kemungkinan terkait dengan otaknya yang unik.


Dalam studi tersebut, para periset membandingkan otak Einsten dengan otak 85 manusia yang normal. Perbandingan ini untuk menemukan apakah ada yang tak biasa dalam otaknya.

“Meskipun secara keseluruhan ukuran dan bentuk asimetris otak Einstein normal, prefrontal, somatosensory, motor primer, parietal, tempral, dan oksipital korteksnya luar biasa,” ujar Dean Falk, profesor antropologi dari Hale G Smith, Florida.



“Ini mungkin saja telah memberikan dasar-dasar neurogolis untuk beberapa kemampuannya dalam hal visuospatial dan matematika, misalnya.”
Menggunakan temuan gambar 14 otak jenis akhir-akhir ini, Falks dan rekan-rekannya mampu menggambarkan keseluruhan korteks serebral Einsten.

Studi bertajuk ‘The Cerebral Cortex of Albert Einsten: A Description and Preliminary Analysis of Unpublished Photographs’, dipublikasikan di Brain, sebuah jurnal neurologi edisi 16 November.
Dengan izin keluarganya, otak Einsten dihapus dan difoto pada saat kematiannya pada tahun 1955 dan bahkan dipotong menjadi 240 blok untuk membuat slide histologis.
Copyright © 2013 Raihan Luthfiandi Muhammad.